Selasa, 10 Mei 2022

Sekolah Dasar



Salah satu program unggulan sekolah Al Azhar Syifa Budi Jakarta ialah Spiritualisasi Pendidikan, yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter yang selalu ditumbuhkan dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan sehari-hari bagi peserta didik. Guru sebagai pembawa keteladanan di sekolah harus konsisten memberi arahan, teguran dan contoh baik bagi peserta didik. Pendidikan karakter tidak akan berhasil dengan ucapan saja tapi harus dicontohkan dengan keteladanan sehari-hari.

Penguatan Pendidikan Karakter dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab telah direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran rutin sehari-hari maupun kegiatan khusus sekolah seperti ekstrakurikuler dan peringatan hari besar nasional dan keagamaan.

Pendidikan karakter tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setiap guru dan diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari baik di kelas maupun di luar kelas. Peraturan Presiden (Perpres) Nomor : 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter akan sukses tercapai apabila pihak sekolah, orang tua dan masyarakat saling bersinergi. Dengan begitu, generasi-generasi Indonesia nan unggul akan dilahirkan dari sistem pendidikan karakter.

Penerapan life skill dalam model catur tunggal di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta yang terdiri dari Aqidah, Kebangsaan, Sains dan Teknologi mengharapkan peserta didik dapat memiliki kompetensi pengetahuan agama dan pengetahuan umum yang baik, mempunyai sikap sosial yang luhur, keterampilan beribadah yang penuh keteladanan serta mempunyai kecintaan tanah air yang mendalam sehingga dapat membaktikan diri pada agama, bangsa dan negara.

Dalam upaya peningkatan prestasi non akademis peserta didik, SD Al Azhar Syifa Budi berusaha mengenali potensi diri peserta didik dan selanjutnya diberikan arahan dan bimbingan yang maksimal seperti dalam Program Tahfizhul Qur’an, Seni Tari, Seni Musik, Marching Band, Comic Club, Native Program dan berbagai jenis olahraga yang tergabung dalam ekstrakurikuler sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar